Thursday, August 30, 2007

1 Korintus 12:12-27

PENYAKIT KAKI DAN MULUT

Kami tidak berani menggolongkan diri kepada atau membandingkan diri
dengan orang-orang tertentu yang memujikan diri sendiri
(2Korintus 10:12)

Penyakit kaki dan mulut adalah penyakit yang mudah menular di antara hewan-hewan berkuku belah. Daerah sekitar mulut melepuh dan kaki menjadi sangat menyakitkan. Karena merasa tidak nyaman, hewan-hewan itu tidak dapat/mau makan ataupun minum sehingga berat badan mereka merosot drastis. Untunglah, tindakan pencegahan yang dilakukan telah membuat penyakit ini tak lagi dijumpai di Amerika Serikat sekarang.

Penyakit kaki dan mulut secara rohani rupanya juga mewabah di gereja. Dalam 1 Korintus 12, para pengikut Kristus disamakan dengan anggota-anggota tubuh. Penyakit tersebut menyebar manakala mereka yang merupakan satu tubuh Kristus, yakni gereja, mulai membanding-bandingkan diri satu sama lain (ayat 12). "Kaki" mungkin menjadi tidak puas dengan ketidakmampuannya mengeskpresikan diri seperti "mulut." "Mulut" juga mungkin merasa tidak puas karena tidak dapat berpindah tempat dan tidak mampu menahan tubuh. Orang-orang Kristen semacam itu pada akhirnya akan kehilangan semangat rohani dan menjadi tidak efektif dalam melayani Tuhan.

Sesuai kedaulatan-Nya anak-anak Allah telah dirancang begitu rupa dan ditempatkan sebagai bagian dalam tubuh Kristus, masing-masing untuk tujuan yang khusus. Setiap anggota sangat berarti bagi kelangsungan hidup gereja secara keseluruhan. Apabila setiap anggota sudah memenuhi perannya, maka akan tercipta keselarasannya yang membuat Juruselamat dimuliakan. Mari kita singkirkan penyakit kaki dan mulut di dalam gereja - M II

AGAR GEREJA MENJADI LEBIH SEHAT
LATIHLAH KARUNIA ROHANI ANDA
Bro walter the Great

No comments: